KISI KISI PENULISAN SOAL UASBN TAHUN
PELAJARAN 2011/ 2012
Jenis Sekolah : SD Alokasi
Waktu : 120 MENIT
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Jumlah
Soal : 50
Butir
Kurikulum : KTSP Penulisan : TIM DINAS P & K KAB BATANGHARI
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
1
|
MengartikanAl Quran
Ayat-ayat pilihan
|
Mengartikan QS Al-Hujurat
ayat 13
|
VI
II
|
Surat Al Hujrat ayat 13
|
Disajikan
Surat Al Hujrat ayat 13 dan artinya,peserta didik dapat menentukan isi pokok
yang terkandung pada surat tersebut.
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
2
|
2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3
|
VI
II
|
surat Al Maidah ayat 3
|
Disajikan
kutipan surat Al Maidah ayat 3(wahyu terakhir), peserta didik dapat
melengkapi arti nya dengan sempurna
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
|
3
|
Membaca surat-surat Al
Qur’an
|
Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
|
IV
II
|
Surat
Al Kausar
|
Disajikan
salah satu ayat dari Surat Al Kausar,peserta didik dapat menentukan artinya
dengan tepat
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
4
|
Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
|
IV
I
|
surat Al Fatihah
|
Disajikan
4 ayat dari beberapa surat Al Quran,peserta didik dapat menentukan ayat dari
surat Al Fatihah
|
P
ilihan Ganda
|
4
|
|
5
|
Mengartikan Al Qur’an
surat pendek pilihan
|
Mengartikan QS Al-Lahab dan
Al-Kafirun
|
V
I
|
Surat
Al lahab
|
Disajikan
salah satu ayat surat Al Lahab peserta didik dapat menunjukkan artinya
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
6
|
Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
Membaca QS Al-Lahab dan
Al-Kafirun
|
V
I
|
Surat Al Kafirun
|
Disajikan
salah satu ayat dari surat Al Kafirun,peserta didik dapat menentukan lanjutan
satu
ayat
berikutnya dengan tepat
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
7
|
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
Membaca QS Al-Ikhlas
dengan lancar
|
IV
I
|
surat Al Ikhlas
|
Disajikan
beberapa ayat dari surat-surat Al-Quran, peserta didik dapat menentukan
ayat
dari surat Al Ikhlas
|
Pilihan
Ganda
|
7
|
8
|
Membaca QS An-Nashr dengan
lancar
|
IV
II
|
Surat An Nashr
|
Disajikan kutipan Surat An Nashr secaralengakap,
peserta didik dapat menentukan
hukum bacaan pada kalimat yang dibergaris bawah
|
Pilihan
Ganda
|
8
|
|
9
|
Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
|
Membaca QS Al-Qadr dan QS
Al-‘Alaq ayat 1-
|
VI
I
|
Surat Al ‘Alaq
|
Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Qadar dan Al
‘Alaq peserta didik menentukan ayat
dari Surat Al ‘Alaq
|
P
ilihan Ganda
|
9
|
10
|
Membaca QS Al-Qadr dan QS
Al-‘Alaq ayat 1-
|
VI
II
|
Surat AlQadar
|
Disajikan salah satu ayat dari Surat AlQadar,
peserta didik dapat menentukan hukum bacaan lafal yang diberi garis bawah
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
|
11
|
Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
|
Mengartikan QS Al-Maun dan
Al-Fiil
|
V
I
|
Surat Al-Ma’un
|
Disajikan salah satu ayat dari Surat Al-Ma’un,
pesertadidik dapat menentukan arti ayat tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
11
|
12
|
Membaca
QS Al-Maun dan Al-Fiil
|
V
II
|
Surat
Al Fil
|
Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Fil dan Al
Ma’un, peserta didik dapat menentukan ayat surat Al Fil
|
Pilihan
Ganda
|
12
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
13
|
Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
Menunjukkan
keyakinan
terhadap
Qadha dan Qadar
|
VI
II
|
menerima Qadha dan Qadar Allah SWT
|
Disajikan kisah tentang kehidupan seseorang, peserta
didik dapat menentukan sikap yang benar dalam meyakini da menerima Qadha dan Qadar Allah SWT.
|
Pilihan
Ganda
|
13
|
14
|
Meyakini adanya Hari
Akhir
|
Menyebutkan
nama-nama Hari
Akhir
|
VI
I
|
Hari Akhir
|
Disajikan beberapa nama hari akhir, peserta didik
dapat menentukan nama hari akhir
yang telah ditentukan artinya
|
Pilihan
Ganda
|
14
|
15
|
Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
Menyebutkan nama-nama
Malaikat
Menyebutkan tugas-tugas
Malaikat
|
IV
II
|
Tugas Malaikat
|
Disajikan narasi tentang tugas-tugas malaikat, peserta
didik dapat menentukan tugas malaikat dengan benar
|
Pilihan
Ganda
|
15
|
16
|
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci
terakhir
|
V
I
|
Alquran
|
Disajikan nama-nama kitab suci Allah SWT yang
diturunkan kepada para rasul, siswa
dapat menjelaskan Fungsi Al Quran sebagai kitab suci
terakhir
|
P
ilihan Ganda
|
16
|
17
|
Meyakini adanya Qadha dan
Qadar
|
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
|
VI
II
|
Contoh Qodho & Qodar
|
Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan
manusia, peserta didik dapat
menentukan contoh Qadha dengan tepat
|
Pilihan
Ganda
|
17
|
18
|
VI
II
|
Contoh Qodho & Qodar
|
Disajikan narasi tentang kisah
kehidupan manusia, peserta didik dapat memilih contoh kejadian yang sesuai
dengan Qadha
|
Pilihan
Ganda
|
18
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
19
|
Mengenal sifat jaiz
Allah SWT
|
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
|
IV
I
|
sifat Jaiz Allah SWT
|
Disajikan narasi tentang sifat Jaiz Allah
SWT,peserta didik dapat menjelaskan pengertian
sifat Jaiz Allah SWT
|
Pilihan
Ganda
|
19
|
20
|
Mengenal kitab-kitab
Allah SWT
|
Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima
kitab-kitab Allah SWT
|
V
I
|
Nama
Kitab Allah dan Rasul Menerimanya
|
Ditampilkan nama-nama rasul dan kitab melalui tabel
yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi.
|
Pilihan
Ganda
|
20
|
21
|
Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
|
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
|
V
II
|
Rasul Allah
|
Disajikan kisah tentang suatu peristiwa,peserta
didik dapat menentukan nama rasul
yang sesuai dengan peristiwa tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
21
|
22
|
Meyakini adanya Hari
Akhir
|
Menjelaskan tanda-tanda
Hari Akhir
|
VI
II
|
Hari Akhir
|
Disajikan narasi tentang suatu peristiwa,peserta
didik dapat menentukan tanda-tanda
hari akhir yang sesuai dengan Peseristima tersebut
|
P
ilihan Ganda
|
22
|
23
|
Menceritakan kisah Nabi
|
Menceritakan perilaku masa
kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
IV
I
|
Kisah Nabi Muahammad saw
|
Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW, peserta
didik dapat menyebutkan orang yang membimbing Nabi Muhammad
SAW.
|
Pilihan
Ganda
|
23
|
24
|
Menceritakan perilaku masa
kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
IV
I
|
Kisah Nabi Muahammad saw
|
Disajikan cuplikan kisah Nabi MuhammadSAW., peserta
didik dapat memilih nama salah
seorang keluarga Nabi Muhammad SAW
|
Pilihan
Ganda
|
24
|
|
25
|
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
|
IV
II
|
Nabi Ibrahim AS
|
Disajikan kisah Nabi Ibrahim AS, pesertadidik dapat
menentukan hikmah yang
berhubungan dengan Sikap sosial
|
Pilihan
Ganda
|
25
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
26
|
Menceritakan kisah Nabi
|
Menceritakan kisah
Nabi Isa AS
|
V
I
|
Nabi Nuh
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didikdapat
menentukan kejadian pada masa Nabi
Isa AS.
|
Pilihan
Ganda
|
26
|
27
|
Menceritakan kisah Nabi Musa AS
|
V
II
|
Nabi Musa AS
|
Disajikan beberapa kisah, eserta didik dapat
menentukan kejadian pada masa nabi Musa
AS.
|
Pilihan
Ganda
|
27
|
|
28
|
Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
Menceritakan kisah Umar
bin Khattab RA
|
V
II
|
Umar bin Khattab
|
Disajikan kisah khalifah Umar bin Khatab RA, peserta
didik dapat menentukan sifat terpuji.
|
Pilihan
Ganda
|
28
|
29
|
Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al
Kadzab
|
Menceritakan perilaku Abu
Lahab dan Abu Jahal
|
VI
I
|
perilaku Abu Lahab
|
Disajikan narasi, peserta didik
dapatmengidentifikasi perilaku Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW
|
P
ilihan Ganda
|
29
|
30
|
Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum
Anshar
|
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
VI
II
|
kaum muhajirindan anshar
|
Disajikan cerita, peserta didik dapat menyimpulkan
perjuangan kaum muhajirindan anshar yang berkaitan karakter sosial
|
Pilihan
Ganda
|
30
|
31
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
Meneladani perilaku masa
kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
IV
I
|
Nabi Muhammad SAW
|
Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa
kanak-kanak, peserta didik dapat
menunjukkan perilaku terpuji
|
Pilihan
Ganda
|
31
|
32
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
Meneladani perilaku
kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
peserta didik
|
VI
II
|
perilaku terpuji
|
Disajikan narasi tentang kegigihan perjuangan kaum
Muhajirin, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji
|
Pilihan
Ganda
|
32
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
33
|
Membiasakan perilaku
terpuji
|
Meneladani perilaku tolong menolong kaum Anshar dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
VI
II
|
Kaum Anshar
|
Disajikan narasi tentang perilaku
Kaum Anshar, peserta didik dapat menunjukkan
perilaku terpuji.
|
Pilihan
Ganda
|
33
|
34
|
Menghindari perilaku tercela
|
Menghindari perilaku dengki seperti Abu
Lahab dan Abu Jahal
|
VI
II
|
Perilaku dengki
|
Disajikan narasi tentang kehidupan seharihari,
peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki
|
Pilihan
Ganda
|
34
|
35
|
Menghindari perilaku tercela
|
Menghindari perilaku
bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
VI
I
|
Perilaku tercela
|
Disajikan kasus dalam kehidupan seharihari, peserta
didik dapat menentukan cara
menghindari perilaku bohong.
|
Pilihan
Ganda
|
35
|
36
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
Meneladani
perilaku taubatnya
Nabi Adam
AS
|
IV
I
|
Taubat
|
Disajikan sebuah kasus tentang perilaku perbuatan
taubat sesesorang, peserta didik dapat menentukan sikap taubat yang revelan
dengan perilaku Tersebut
|
P
ilihan Ganda
|
36
|
37
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
Meneladani perilaku Nabi
Ibrahim AS
|
IV
II
|
Perilaku terpuji Nabi
Ibrahim as
|
Disajikan cerita tentang perilaku kehidupan Nabi
Ibrahim AS, peserta didik dapat menunjukkan
perilaku terpuji yang sesuai dengan cerita tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
37
|
38
|
. Membiasakan perilaku terpuji
|
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
|
V
II
|
Nabi Ayyup
|
Disajikan cerita tentang ketabahan Nabi Ayyub AS,
peserta didik dapat menunjuk-kan perilaku yang dapat diteladani.
|
Pilihan
Ganda
|
38
|
39
|
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
Menyebutkan rukun shalat
|
IV
I
|
Sholat
|
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik
dapat menunjukkan rukun shalat.
|
Pilihan
Ganda
|
39
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
40
|
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
Membaca do’a setelah
shalat
|
IV
II
|
Zikir & Doa
|
Disajikan
lafadz doa setelah salat yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapi.
|
Pilihan
Ganda
|
40
|
41
|
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
Menyebutkan syarat sah dan
syarat wajib shalat
|
IV
I
|
Ketentuan Sholat
|
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta
didik dapat mengindentifikasi syarat wajib
shalat.
|
Pilihan
Ganda
|
41
|
42
|
Mengenal puasa wajib
|
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa
Ramadhan
|
V
II
|
Puasa Wajib
|
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik
dapat mengidentifikasi rukun puasa.
|
Pilihan
Ganda
|
42
|
43
|
Menyebutkan hikmah puasa
|
Menyebutkan
hikmah puasa
|
V
II
|
Hikmah Puasa
|
Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta
didik dapat menentukan salah satu hikmah puasa.
|
P
ilihan Ganda
|
43
|
44
|
Mengumandangkan adzan dan iqamah
|
Melafalkan lafal adzan dan iqamah
|
V
I
|
Azan & Iqomah
|
Disajikan salah
salah satu lafal iqomah, peserta didik dapat mengartikannya
|
Pilihan
Ganda
|
44
|
45
|
|
|
V
I
|
Azan & Iqomah
|
Disajikan lafal
adzan yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapinya.
|
Pilihan
Ganda
|
45
|
46
|
Mengenal
ibadah pada bulan
Ramadhan
|
Melaksanakan tarawih di
bulan
Ramadhan
|
VI
I
|
Ibadah Ramadhan
|
Disajikan narasi
tentang shalat tarawih,peserta didik dapat menentukan waktu
melaksanakan
shalat tarawih.
|
Pilihan
Ganda
|
46
|
47
|
|
|
VI
I
|
Ibadah Ramadhan
|
Disajikan
nama-nama salat sunah,peserta didik dapat menetukan nama salat pada
malam bulan
Ramadhan.
|
Pilihan
Ganda
|
47
|
No
Urut
|
Standar Komptensi
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
Bahan/ Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
48
|
Mengetahui
kewajiban zakat
|
Menyebutkan
macam-macam zakat
|
VI
II
|
Zakat
|
Disajikan narasi tentang sese
orang yangmempunyai kekayaan yang
banyak, peserta didik dapat menentukan acam-macamm zakat yang
harus dibayarkan.
|
Pilihan
Ganda
|
48
|
49
|
Mengetahui kewajiban zakat
|
Menyebutkan ketentuan
zakat fitrah
|
VI
II
|
Kewajiban Zakat
|
Disajikan
narasi tentang satu keluarga yang mempunyai beberapa anggota, peserta didik
dapat
menentukan jumlah zakat ang harus dibayarkan.
|
Pilihan
Ganda
|
49
|
50
|
|
|
VI
II
|
Kewajiban Zakat
|
Disajikan narasi
tentang sese
orang
yangmempunyai emas, peserta didik dapat Menunjuk
kan ketentuan
zakatnya.
|
Pilihan
Ganda
|
50
|
Muara
Bulian, 6 Pebruari 2012
Tim
Pembuat Soal :
1.
SYARBAINI,
S.Pd :
Kasi SD Dinas P & K Kab Batanghari
2.
H.
UMAR, S.Pd :
Pengawas TK/SD Kecamatan Muara Bulian
3.
PATIH
RAHMAN, S.Pd :
Pengawas TK/SD Kecamatan Muara Tembesi
4.
ABDUL
WASIK FITONI, S.Pd.I :
Guru PAI SDN 14/I Sungai Baung
5.
HASANUDDIN,
S.Pd,I :Guru
PAI SDN 198/I Muara Bulian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar